fbpx

Roadmap untuk menjadi seorang Back End Developer

Halo Enigmanians.

Artikel sebelumnya mamin sudah pernah membahas Roadmap untuk menjadi seorang Front End Developer. Nah, untuk kali ini artikel yang mamin akan bahas mengenai roadmap untuk menjadi seorang Back End Developer.

Seorang Front End Developer bertanggung jawab dalam membangun tampilan tatap muka pengguna (user interface), sedangkan seorang Back End Developer bertanggung jawab dalam mengolah data (data processing), proses bisnis (business process) atau biasa disebut juga logika bisnis (business logic).

Beberapa keahlian yang dapat kamu pelajari untuk menjadi seorang Back End Developer sebagai berikut :

1. Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Adapun poin-poin yang berkaitan dengan jaringan komputer yaitu internet, HTTP, browser dan RESTful API.

2. Sistem Operasi

Poin selanjutnya yang harus kalian pelajari adalah sistem operasi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertanggung jawab mengendalikan perangkat keras komputer dan menjalankan aplikasi. Poin yang berkaitan dengan sistem operasi perlu kamu pelajari yaitu penggunaan terminal (command prompt), komunikasi antar proses (Inter-Process Communication) yaitu mekanisme pertukaran data antara satu proses dengan proses lainnya, memori & manajemen proses, pembagian thread, dan manajemen input/output.

3. Bahasa Pemrograman

Kalian perlu mempelajari bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun back end. Bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu Java, Phyton, PHP, Javascript, dan Go-Lang.

4. Basis Data

Basis data merupakan poin penting yang harus dipelajari oleh seorang Back End Developer. Basis data berfungsi untuk menyimpan data. Bagi pemula kalian disarankan untuk mempelajari basis data yang bersifat relational. Poin-poin pada basis data yang harus kamu ketahui yaitu entitas, field/column, tipe data, relasi antar entitas, normalisasi, dan Stucture Query Language (SQL).

5. Frameworks

Pelajari framework yang tersedia untuk membangun back end. Framework merupakan platform untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang di dalamnya sudah tersedia dasar-dasar (foundation) untuk membangun suatu aplikasi perangkat lunak. Framework yang populer untuk membangun back end yaitu Spring dengan bahasa pemrograman Java, Django dengan bahasa pemrograman Phyton, Nodejs dengan bahasa pemrograman Javascript.

6. Version Control

Version control merupakan suatu sistem pengelolaan berbagai revisi atas perubahan dari suatu unit informasi baik berupa dokumen, kode sumber, ataupun informasi lainnya yang disimpan dalam media penyimpanan komputer. Platform version control yang populer yaitu GitHub dan GitLab. Poin-poin yang harus dipelajari dalam version control yaitu basic command, stage, commit, pull and push, merge, branch, dan origin.

Demikian Enigmanians, selain poin-poin di atas tentu masih banyak yang perlu kamu pelajari untuk dapat menjadi seorang Back End Developer yang professional. Tetap semangat belajar ya.

Baik, sekian yang dapat mamin sampaikan. Berminat untuk menjadi seorang Back End Developer ? kamu bisa banget gabung di training Vica Premium EnigmaCamp www.premium.enigmacamp.com.

Writer : Edi. M

CS - ENIGMACAMP
Hallo, Selamat datang di Enigmacamp - IT Bootcamp
IT Bootcamp - Icon Whatsapp Enigma Camp