fbpx

Menjadi Full Stack Developer menggunakan bahasa pemrograman JavaScript

Hi Enigmanians,

Artikel kali ini mamin ingin membahas mengenai menjadi full stack developer, yang mungkin dari kalian sudah sering membaca atau mendengar istilah ini baik di website atau social media.

Apa yang dimaksud dengan Full Stack Developer ?

Full stack developer adalah istilah untuk seorang programmer yang bisa menguasai software development mulai dari front end sampai back end. Didalam dunia pemrograman ada 2 istilah yang sering digunakan yaitu front end dan back end. Bagi kalian yang masih asing atau belum memahami istilah tersebut, yuk simak penjelasan secara singkat dari mamin ya.

Front end atau biasa disebut client side yaitu stack yang digunakan untuk membuat antarmuka pengguna (user interface) seperti halaman website yang sering kita lihat. Biasanya dibangun dengan menggunakan HTML, CSS, maupun library atau framework yang memang sudah dirancang untuk membangun halaman website.

front end developer illustration

Sedangkan back end atau biasa disebut juga server side yaitu stack yang digunakan untuk mengolah atau memproses data yang diperoleh dari front end seperti proses upload file, memasukan data, dan mengembalikan suatu data untuk ditampilkan di front end.

back end developer illustration

Seseorang yang bertugas pada bagian front end biasanya disebut dengan front end developer, sedangkan orang yang bertugas pada bagian back end disebut back end developer.

Mengapa menggunakan bahasa pemrogramman JavaScript ?

Yaps, karena saat ini Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull. Kenapa ? karena, dengan Javascript kalian sudah bisa membangun beberapa stack termasuk front end, back end bahkan mobile apps. Jadi, dengan mempelajari 1 jenis bahasa pemrograman kalian bisa langsung menerapkannya ke beberapa stack.

Bagaimana cara memulainya ?

Untuk memulainya kalian bisa mempelajari bahasa pemrograman Javascript itu sendiri, kemudian jika kalian ingin menjadi front end developer bisa langsung membaca detailnya di artikel Roadmap menjadi Front-End Developer. Sedangkan untuk Roadmap menjadi Back-End Developer tunggu artikel selanjutnya, stay tune ya. Jika kalian ingin menjadi back end developer dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript bisa mempelajari :

  1. Nodejs dan NPM
  2. Basis data
  3. RESTful API
  4. Security
  5. Autentikasi dan Autorisasi
  6. dll.

Beberapa kombinasi yang sering digunakan dalam Full Stack Developer menggunakan Javascript yaitu :

  1. MEAN : MongoDB (basis data), ExpressJs (nodejs framework), Angular (front-end), NodeJs (back-end).
  2. MERN : MongoDB (basis data), ExpressJs (nodejs framework), ReactJs (front-end), NodeJs (back-end).
  3. dan masih banyak lagi kombinasi lain.

Demikian enigmanians, pembahasan mengenai menjadi full stack developer menggunakan bahasa pemrograman Javascript. Jika kalian ingin memiliki keahlian dibidang full stack developer teruslah berlatih dan cobalah memahami konsep dan cara kerja dari suatu bahasa pemrograman yang kalian pelajari. Apalagi kalau kamu mengikuti berbagai kelas di EnigmaCamp, makin lengkap dan semakin gampang kalian menjadi seorang full stack developer.

Setelah kalian membaca artikel ini, apa kalian ingin menjadi seorang full stack developer ?

Bagi kalian yang masih bingung harus belajar dari mana kalian bisa join di kelas ViCa (Virtual Class) Premium di EnigmaCamp. Disana kalian bisa mengikuti kelas bahasa pemrograman mulai dari yang paling dasar sampai yang tingkat tinggi hanya dengan biaya yang relatif murah. Daftar sekarang juga dan kunjungi situs Vica EnigmaCamp premium.enigmacamp.com.

Writer : Edi. M

CS - ENIGMACAMP
Hallo, Selamat datang di Enigmacamp - IT Bootcamp
IT Bootcamp - Icon Whatsapp Enigma Camp