Enigma Camp, IT Bootcamp asal Indonesia

Dunia saat ini memasuki masa Revolusi Industri 4.0, dan terlihat sedang mempersiapkan diri untuk menuju ke Revolusi Industri 5.0, dimana segala sektor kehidupan didominasi dengan kehadiran berbagai teknologi. Teknologi-teknologi ini dipercaya untuk meningkatkan kemakmuran hidup manusia, membuat segalanya lebih efisien.

Di balik berbagai teknologi yang muncul di dunia, selalu ada programmer yang bekerja keras supaya bisa menghadirkan teknologi tersebut. Karena hal tersebutlah, programmer adalah posisi yang banyak dicari oleh berbagai perusahaan di dunia, terlepas dari sektor industri yang disasar oleh perusahaan tersebut.

Dan untuk mempersiapkan bibit-bibit programmer di dunia, telah hadir berbagai macam pelatihan yang dapat diakses oleh orang-orang, baik secara berbayar maupun sepenuhnya gratis. Hal ini juga berlaku di Indonesia, dimana Indonesia sendiri memiliki berbagai macam pelatihan yang dikhususkan untuk menjadi programmer handal, salah satu yang terbaru di Indonesia adalah Enigma Camp.

Apa Itu Enigma Camp?

Enigma Camp (akan disebut dengan Enigma setelahnya) adalah wadah pelatihan programmer yang telah didirikan sejak tahun 2017, yang digawangi oleh Kaesang Pangarep, anak bungsu dari Presiden Republik Indonesia saat ini, Joko Widodo. Enigma ini berfokus sebagai bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent Management, guna mempersiapkan programmer yang siap kerja.

Enigma menyediakan beberapa modul pelatihan bagi para pesertanya supaya memenuhi syarat untuk menjadi junior developer dan SQA, baik bekerja untuk perusahaan besar maupun sebagai pegawai outsourcing. Teknik pelatihan dari Enigma ini berfokus untuk mengembangkan practical skill para pesertanya ketika akan memasuki dunia kerja, berbeda dengan pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi yang cenderung menekankan pada theoretical skill.

Bagaimana Pelatihan di Enigma Camp?

Modul pelatihannya terdiri dari dua kategori, yaitu Technical Skill, yang mempelajari bahasa pemrograman maupun tool terkait yang sering digunakan oleh programmer, seperti Git, Pair Programming, TDD, DatabaseWeb Development, Agile Method, dan masih banyak lagi, yang akan selalu berkembang sesuai dengan tren terkini. Selain Technical Skill, ada Soft Skill pula, seperti attitudecommunication skillteamworktime management, dan pressure management. Pelatihannya sendiri diadakan secara intensif, dengan durasi antara 8 – 12 minggu pelatihan, dengan pelatihan diadakan 6 hari dalam satu minggu.

Karena pelatihannya yang tergolong intensif, proses seleksi dari peserta Enigma ini juga dapat dibilang ketat, dan apabila akhirnya diterima, akan mengharuskan peserta untuk menginap di rumah pelatihan Enigma, dimana peserta akan mendapatkan alat pelatihan, buku catatan, koneksi internet, serta makan tiga kali sehari. Dan yang terpenting, semua ini tidak membebankan biaya pada pesertanya, yang berarti pelatihan dari Enigma ini sepenuhnya gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk mewadahi para lulusannya, Enigma juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, yang siap untuk menampung para programmer yang telah ditempa di Enigma. Dan berita terbarunya, Enigma ini digandeng oleh Eka Tjipta Foundation, salah satu perusahaan di bawah naungan Sinar Mas Group, sebagai upaya untuk merevitalisasi pendidikan di sekolah menengah kejuruan.

Itulah hal-hal mengenai Enigma Camp, wadah pelatihan bagi programmer yang digawangi oleh Kaesang Pangarep. Dengan hadirnya Enigma, atau berbagai pelatihan programmer lain di Indonesia, semoga Indonesia dapat memberikan berbagai programmer yang siap menghadapi revolusi industri di dunia, sekaligus melambungkan nama Indonesia.

Sumber : Vantura.id

CS - ENIGMACAMP
Hallo, Selamat datang di Enigmacamp - IT Bootcamp
IT Bootcamp - Icon Whatsapp Enigma Camp